Siaga 3 Penyakit Kardiovaskuler

kardiovaskuler
Serangan jantung dan stroke kini telah "booming" di mana-mana. Dulu kala mungkin penyakit ini lebih gemar mendekati kalangan berduit ataupun orang tua. Namun kini ? Kini penyakit ini telah sukses ekspansi ke seluruh dunia. Bahkan remaja dan anak kecil pun dijadikan target olehnya.
Stroke dan serangan jantung adalah penyakit yang sama-sama terjadi akibat adanya gengguan pada peredaran darah. Dalam istilah kedokteran, ini dikenal dengan sebutan penyakit vascular aterosklerotik.

Aliran darah yang tersendat ini dapat menghambat suplai oksigen dan zat-zat penting lainnya ke dalam organ penting tubuh. Stroke terjadi apabila suplai darah ke otak terganggu, dan serangan jantung muncul akibat gangguan suplai darah ke jantung.

Ada dua penyebab serangan jantung dan stroke, yaitu proses aterosklerosis dan trombosis. Aterosklerosis adalah proses penyempitan pembuluh darah karena adanya penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah.

Proses trombosis terjadi akibat rontoknya plak yang bersifat rapuh. Plak ini dapat rontok bila aliran darah mengalir deras karena tekanan darah yang tinggi atau bila pembuluh darah mengerut karena stres. Rontokan plak dapat menyumbat pembuluh darah yang berukuran kecil ataupun melukai dinding pembuluh darah sehingga terjadi perdarahan. Darah yang merembes keluar dari pembuluh bisa mengakibatkan kerusakan pada sel-sel otak yang dikenainya.

0 comments:

Posting Komentar