Kenali & Cegah Infertilitas Sejak Dini

Di tengah kehidupan masyarakat modern ini, banyak pasangan suami istri yang belum dikaruniai anak walau telah menikah bertahun-tahun. Mereka termasuk dalam kategori pasangan yang mengalami gangguan kesuburan atau infertilitas. Suami dan istri disebut sebagai pasangan tidak subur (infertil) bilamana sang istri belum pernah hamil sementara mereka telah menikah selama satu tahun, dimana dalam masa tersebut pasangan suami istri ini secara teratur melakukan hubungan intim sebanyak 2-3 kali seminggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau metode pencegah kehamilan.

Masalah Berdua, Atasi Bersama


Infertilitas terbagi dalam dua jenis, infertilitas primer (pasangan suami istri sama sekali belum pernah memiliki anak) dan infertilitas sekunder (istri sudah pernah melahirkan namun sulit untuk hamil kembali). Dalam masakah ini biasanya kaum perempuan lebih sering disalahkan, seolah-olah istrilah yang menjadi satu-satunya penyebab mengapa pasutri tersebut belum dikaruniai keturunan. Anggapan ini sungguh kurang bijak, karena ketidaksuburan bisa pula terjadi pada laki-laki. Maka, bila masalah ketidaksuburan ini mendera rumah tangga jangan buru-buru menuding, tetapi hadapi secara bersama-sama.

Penyebab Sulit Hamil
Berdasarkan pandangan medis,ada beberapa faktor yang menyebabkan pasangan suami istri sulit memiliki keturunan, antara lain:
  • Gangguan kesuburan pada pria yang terjadi karena jumlah maupun mutu sperma tidak normal dan hormon yang tidak normal pula.
  • Gangguan kesuburan pada wanita yang antara lain berupa ovulasi dan sistem hormonal tidak normal, organ reproduksi tidak normal, dan kelainan pada sel telur.
  • Masalah kesehatan yang khas pada perempuan seperti ada endometriosis, gangguan imunitas pada perempuan yang menyebabkan istri alergi terhadap sperma suami, dan terkena infeksi TORCH (Toxoplasma gondii, Rubella, Cyto Megalo Virus,dan Herpes Simplex Virus atau virus lainnya.
  • Kesalahan dalam melakukan hubungan intim yang menyebabkan sperma tidak bisa mencapai sel telur,kendati istri dan suami sama-sama subur.
Dengan semakin majunya teknologi dan ilmu pengetahuan, berbagai masalah infertilitas dapat ditangani. Mulai dengan metode terapi hormonal, inseminasi buatan, hingga metode bayi tabung. Untuk berkonsultasi ke tempat ini pasutri sangat dianjurkan datang bersama-sama agar bisa ditelusuri dimana letak permasalahan yang menyebabkan mereka sulit memiliki anak, sehingga dapat dipilih metode yang tepat dan terbaik untuk mereka.
Untuk melihat beberapa tips agar cepat punya anak, Anda dapat melihat artikel Agar Cepat Punya Anak. dan nutrisi Vitaline yang baik bagi tubuh Anda.

0 comments:

Posting Komentar