Stres VS Sehat

Banyak orang tahu bagaimana cara untuk stres,seperti menghafal rumus matematika, fisika,kimia, sampai memikirkan hutang negara, hehehe. Nah, kalau cara untuk bebas stres bagaimana ya ? 


Stres sendiri cukup beken di kalangan manusia, kalau bangsa jin saya kurang tahu, haha. Banyak hal negatif yang dapat muncul akibat stres, salah satunya stres memiliki hubungan buruk dengan kesehatan. Anda stres maka kesehatan Anda pun akan berkurang.

Stres sendiri dapat muncul akibat tekanan psikologis yang mengganggu tubuh. Keadaan berbahaya, menegangkan, ataupun keadaan sulit dapat memicu stres muncul,timbul, dan nyembul ke permukaan. Tubuh secara alami akan memproduksi hormon adrenalin ketika stres. Untuk apa ? Yah, ini reaksi otomatis tubuh untuk mempertahankan diri.

Sama seperti karung beras, stres ada yang berat, ada yang ringan. Stres ringan sebenarnya memiliki dampak positif bagi seseorang. Stres ringan akan memicu seseorang untuk berpikir dan bergairah menemukan jalan keluar dari permasalahan. nah, yang buruk bagi kesehatan adalah stres berat, namanya saja berat, tentu akan menekan kesehatan tubuh kita. Hehehe.
Bahasa komputerisasinya, bila kita menginputkan data stres ke dalam aplikasi tubuh kita, maka akan keluar output berupa detak jantung bertambah cepat, tekanan darah meningkat. Hal ini memicu melemahnya fungsi organ tubuh, imunitas, dan kambuhnya penyakit seperti darah tinggi, diare, magh, dan bahkan dapat memicu sel kanker untuk beternak dalam tubuh kita. Wow !!!

Lalu bagaimana cara kita mengatasinya ?

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola dan mengendalikan stres.
1. Istirahat atau tidur cukup. Tidur lebih awal, bangun lebih awal.
2. Konsumsi makanan sehat bergizi. Stres memuci penggunaan energi lebih banyak sehingga perlu untuk menambah asupan gizi.
3. Olahraga. Olahraga teratur dapat membantu melepas penat.Lakukan olahraga yang meenyenangkan bersama keluarga Anda.
4. Minum air putih. Minum 2 gelas air putih hangat di pagi hari baik untuk pencernaan Anda. Untuk tiap harinya Anda membutuhkan kuranglebih 8 gelas air putih.
5. Lakukan hal-hal menyenangkan bersama orang-orang yang menyenangkan. Hal ini dapat berpengaruh baik terhadap emosi Anda.
6. Berpikir dan berperasaan positif, serta senantiasa bersyukur dan mendekat pada Tuhan dapat menjadi resep efektif untuk menghilangkan stres.

0 comments:

Posting Komentar